Penggunaan website (wordwall) sebagai motivasi pembelajaran biologi di SMA Batara Gowa

Penulis

  • ona lisnawati UIN ALAUDDIN MAKASSAR
  • sukmawati UIN ALAUDDIN MAKASSAR
  • ananda aulia putri UIN ALAUDDIN MAKASSAR
  • rian hidayat UIN ALAUDDIN MAKASSAR
  • fahdini UIN ALAUDDIN MAKASSAR
  • Ummul hasanah UIN ALAUDDIN MAKASSAR
  • Syahriani UIN ALAUDDIN MAKASSAR

Kata Kunci:

Educational Technology, High School Students, Interactive Learning, Learning Motivation, Wordwall

Abstrak

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan website (wordwall) sekaligus melakukan simulasi pembelajaran dalam bentuk game untuk meningkatkan pemahaman konsep biologi siswa, menilai dampak media pembelajaran tersebut terhadap motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar dan memberikan rekomendasi bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif. Wordwall adalah platform pembelajaran berbasis digital yang menawarkan berbagai fitur menarik seperti kuis, permainan edukatif, dan aktivitas interaktif lainnya. Dengan memanfaatkan Wordwall, guru
dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan memotivasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Wordwall secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa, terutama dalam pembelajaran berbasis proyek dan kolaborasi. Oleh karena itu, Wordwall dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

lisnawati, ona, wati, sukma, aulia, ananda, hidayat, rian, ramadhan, fahdini, hasanah, U., & Rahman, S. (2025). Penggunaan website (wordwall) sebagai motivasi pembelajaran biologi di SMA Batara Gowa. MOPOONUWA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 177–181. Diambil dari https://ejurnal.bio.fmipa.ung.ac.id/index.php/mopoonuwa/article/view/24