Penggunaan website (wordwall) sebagai motivasi pembelajaran biologi di SMA Batara Gowa

Authors

  • ona lisnawati UIN ALAUDDIN MAKASSAR
  • sukma wati UIN ALAUDDIN MAKASSAR
  • ananda aulia UIN ALAUDDIN MAKASSAR
  • rian hidayat UIN ALAUDDIN MAKASSAR
  • fahdini ramadhan UIN ALAUDDIN MAKASSAR
  • Ummul hasanah UIN ALAUDDIN MAKASSAR
  • Syahriani Rahman UIN ALAUDDIN MAKASSAR

Keywords:

Educational Technology, High School Students, Interactive Learning, Learning Motivation, Wordwall

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan website (wordwall) sekaligus melakukan simulasi pembelajaran dalam bentuk game untuk meningkatkan pemahaman konsep biologi siswa, menilai dampak media pembelajaran tersebut terhadap motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar dan memberikan rekomendasi bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif. Wordwall adalah platform pembelajaran berbasis digital yang menawarkan berbagai fitur menarik seperti kuis, permainan edukatif, dan aktivitas interaktif lainnya. Dengan memanfaatkan Wordwall, guru
dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan memotivasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Wordwall secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa, terutama dalam pembelajaran berbasis proyek dan kolaborasi. Oleh karena itu, Wordwall dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

Published

2025-06-30

How to Cite

lisnawati, ona, wati, sukma, aulia, ananda, hidayat, rian, ramadhan, fahdini, hasanah, U., & Rahman, S. (2025). Penggunaan website (wordwall) sebagai motivasi pembelajaran biologi di SMA Batara Gowa. MOPOONUWA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 177–181. Retrieved from https://ejurnal.bio.fmipa.ung.ac.id/index.php/mopoonuwa/article/view/24