Inovasi Pembelajaran Biologi dengan Media Wordwall dan Zep Quiz di Kelas X SMAN 8 Gowa

Penulis

  • Fitriana Rahmayanti UIN Alauddin Makassar
  • Nur Annisa UIN Alauddin Makassar
  • Nur Widya Putri Darmayanti Amir UIN Alauddin Makassar
  • Nurmegahasani UIN Alauddin Makassar
  • Salwa Novianti UIN Alauddin Makassar
  • Ummul Hasanah UIN Alauddin Makassar
  • Andi Tenri Ola Rivai UIN Alauddin Makassar

Kata Kunci:

Biology, Learning Innovation, Student Engagement, Wordwall, Zep Quiz

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan inovasi pembelajaran biologi menggunakan media Wordwall dan Zep Quiz di kelas X SMAN 8 Gowa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan wawancara kepada guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Wordwall memberikan dampak positif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan mempermudah pemahaman materi melalui permainan interaktif. Siswa merasa lebih termotivasi dan tertarik dalam belajar biologi. Selain itu, Zep Quiz membantu guru dalam melakukan evaluasi secara efisien dengan memberikan umpan balik langsung mengenai pemahaman siswa. Meskipun demikian, tantangan yang dihadapi terkait dengan ketersediaan perangkat dan koneksi internet yang stabil, serta kebutuhan akan keterampilan teknis untuk memaksimalkan penggunaan media tersebut. Secara keseluruhan, inovasi ini terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran biologi dan dapat menjadi alternatif yang bermanfaat dalam pembelajaran berbasis teknologi di masa depan.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Rahmayanti, F., Nur Annisa, Nur Widya Putri Darmayanti Amir, Nurmegahasani, Salwa Novianti, Ummul Hasanah, & Andi Tenri Ola Rivai. (2025). Inovasi Pembelajaran Biologi dengan Media Wordwall dan Zep Quiz di Kelas X SMAN 8 Gowa. MOPOONUWA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 170–176. Diambil dari https://ejurnal.bio.fmipa.ung.ac.id/index.php/mopoonuwa/article/view/22