Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva AI di SMA Islam Terpadu Moosalamati Gorontalo

Penulis

  • Nurfaika Nurfaika Universitas Negeri Gorontalo
  • Sunarty Eraku Universitas Negeri Gorontalo
  • Endang Sutiah Universitas Negeri Gorontalo
  • Felix Rubama Universitas Negeri Gorontalo

Kata Kunci:

Canva AI, Media Interaktif, Media Pembelajaran

Abstrak

Pengembangan kompetensi guru dalam pembuatan media pembelajaran interaktif menjadi sebuah kebutuhan penting di era digital. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diimplementasikan di SMA Islam Terpadu Moosalamati Gorontalo, melibatkan kolaborasi antara dosen dan mahasiswa Program Magister Pendidikan Geografi Universitas Negeri Gorontalo. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan Canva AI sebagai alat bantu pembuatan media pembelajaran interaktif. Metode yang digunakan meliputi pelatihan, praktik langsung, dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kompetensi guru dalam membuat media pembelajaran interaktif, yang diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas proses belajar mengajar di sekolah.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-31 — Diperbaharui pada 2025-01-06

Versi

Cara Mengutip

Nurfaika, N., Eraku, S., Sutiah, E., & Rubama, F. (2025). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva AI di SMA Islam Terpadu Moosalamati Gorontalo . MOPOONUWA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 57–62. Diambil dari https://ejurnal.bio.fmipa.ung.ac.id/index.php/mopoonuwa/article/view/9 (Original work published 31 Juli 2024)